Senin, 06 Agustus 2012

0 MATERI UKG ; Indikator : Mengidentifikasi metode pembelajaran apresiasi dan berkreasi yg mendidik secara kreatif


Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)

2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik

Kompetensi Guru Mata Pelajaran
(Kompetnsi  Dasar)
2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi,metode, dan teknik pembelajaran yangterkait dengan mata pelajaran yang diampu.

Indikator esensial :

2.2.1. Mengidentifikasi metode pembelajaran apresiasi yg mendidik secara kreatif

Gambaran hubungan antara pendekatan, model dan metode pembelajaran seperti di
atas secara skematik digambarkan sebagai berikut:
Gambar  :  
Pendekatan




Model


Metode



Hubungan antara pendekatan, model 
dan metode pembelajaran

2.2.2. Menentukan metode pembelajaran berkreasi yg mendidik secara kreatif.
 A. Pendekatan inspiratif ialah
suatu cara yang dapat ditempuh untuk menggerakkan keharuan anak-anak agar mereka dapat mencurahkan ekspresinya ke dalam bentuk karya seni
B. 3 macam pendekatan;
1. pendekatan ekspresi bebas;
- memberi kesempatan kpd anak utk menyatakn dirinya tdk trgaggu melelui seni
- kegiatan yg tdk dirancang sblmnya ttp brkmbang ssuai keinginan anak.
2. Pendekatan Disiplin;
- progm kegtn yg sistematis dn brkelanjutan dlm 4 bdg yg digeluti dlm dunia seni, yaitu bdg penciptaan, penikmatan, pemahaman dn penilaian.
- keempat tsb tercermin dlm kurikulum;
* Produk seni – disiplin dlm hal penciptaan
* Kritik seni – disiplin focus persepsi dan diskripsi analisa dan penafsiran
* Sejarah seni – disiplin focus pada peran seni dan seniman dlm konteks social,politik dan budaya.
* Estetika – Disiplin yg mendiskusikan hakikat dan makna seni, pengalaman keindahan dn sumbangan thd kehidupn dn kebthn manusia.
3. Pendekatan Multikultural;
-mempromusikan keragamn budaya melalui kegiatn penciptaan, penikmatan dan pembahasan keindahn rupa.
A. Yang melatarbelakangi:
·         Ketidakadailan dlm masyrkt
·         Kebuthn akan identitas
·         Keadaan geografis yg berubah
·         Keibnginan utk mghilangkn prasangka buruk
·         Konsekkuensi munculnya seni rupa posmodernmisme.
B. Konsep Dasar:
* Pengenalan – memperknlk seni scr teoritis, apresiatif, dan praktis dr brbagai kelompok suku, ras, agama, kls social, jns kelmn, pandangn atw konds tertntu .
* Pengamalan – Mengakui adanya keragaman dan berusaha utk mengamalkn ide persamaan dlm keragaman tsb scr sistematis dlm pembelajaran
* Perombakan – Merasa tdk puas dgn sekedar pengamalan gagasan keragaman budaya dn social, krn konds msyrkt yg tdk kondusif.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Awaluddin AG. Blog Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates