Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
2. Menguasai teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
Kompetensi Guru Mata Pelajaran
(Kompetnsi Dasar)2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi,metode, dan teknik pembelajaran yangterkait dengan mata pelajaran yang diampu.
Indikator esensial :
2.2.1. Mengidentifikasi metode pembelajaran apresiasi yg mendidik secara kreatif
Gambaran hubungan antara pendekatan,
model dan metode pembelajaran seperti di
atas secara skematik digambarkan
sebagai berikut:
Hubungan
antara pendekatan, model
dan metode pembelajaran
2.2.2. Menentukan metode pembelajaran berkreasi yg mendidik
secara kreatif.
A. Pendekatan inspiratif ialah
suatu cara yang dapat ditempuh untuk
menggerakkan keharuan anak-anak agar mereka dapat mencurahkan ekspresinya ke
dalam bentuk karya seni
B. 3 macam pendekatan;
1. pendekatan ekspresi bebas;
-
memberi kesempatan kpd anak utk menyatakn dirinya tdk trgaggu melelui seni
-
kegiatan yg tdk dirancang sblmnya ttp brkmbang ssuai keinginan anak.
2. Pendekatan Disiplin;
-
progm kegtn yg sistematis dn brkelanjutan dlm 4 bdg yg digeluti dlm dunia seni,
yaitu bdg penciptaan, penikmatan, pemahaman dn penilaian.
-
keempat tsb tercermin dlm kurikulum;
* Produk seni – disiplin dlm hal
penciptaan
*
Kritik seni – disiplin focus persepsi dan diskripsi analisa dan penafsiran
*
Sejarah seni – disiplin focus pada peran seni dan seniman dlm konteks
social,politik dan budaya.
*
Estetika – Disiplin yg mendiskusikan hakikat dan makna seni, pengalaman
keindahan dn sumbangan thd kehidupn dn kebthn manusia.
3. Pendekatan Multikultural;
-mempromusikan
keragamn budaya melalui kegiatn penciptaan, penikmatan dan pembahasan keindahn
rupa.
A.
Yang melatarbelakangi:
·
Ketidakadailan
dlm masyrkt
·
Kebuthn
akan identitas
·
Keadaan
geografis yg berubah
·
Keibnginan
utk mghilangkn prasangka buruk
·
Konsekkuensi
munculnya seni rupa posmodernmisme.
B. Konsep Dasar:
*
Pengenalan – memperknlk seni scr teoritis, apresiatif, dan praktis dr brbagai
kelompok suku, ras, agama, kls social, jns kelmn, pandangn atw konds tertntu .
*
Pengamalan – Mengakui adanya keragaman dan berusaha utk mengamalkn ide
persamaan dlm keragaman tsb scr sistematis dlm pembelajaran
*
Perombakan – Merasa tdk puas dgn sekedar pengamalan gagasan keragaman budaya dn
social, krn konds msyrkt yg tdk kondusif.
0 komentar:
Posting Komentar