Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
1. Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Kompetensi Guru Mata Pelajaran
(Kompetnsi Dasar)
1.1. Menguasai materi, struktur, konsep, dan polapikir keilmuan (mencakup materi yangbersifat konsepsi, apresiasi, dankreasi/rekreasi) yang mendukungpelaksanaan pembelajaran seni budaya (senirupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Indikator Esensial :
1.1.4. Menjelaskan konsep keterampilan
Pengertian
keterampilan konteks pembelajaran mata pelajaran Keterampilan di sekolah,
adalah usaha untuk memperoleh kompetensi cekat, cepat dan tepat dalam
menghadapi permasalahan belajar. Dalam hal ini, pembelajaran Keterampilan
dirancang sebagai proses komunikasi belajar untuk mengubah perilaku siswa
menjadi cekat, cepat dan tepat melalui belajaran kerajinan dan teknologi
rekayasa dan teknologi pengolahan. Perilaku terampil ini dibutuhkan dalam
keterampilan hidup manusia di masyarakat.
Melihat uraian tersebut, secara substansi bidang Keterampilan mengandung kinerja kerajinan dan teknologis. Istilah kerajinan berangkat dari kecakapan melaksanakan, mengolah dan menciptakan dengan dasar kinerja psychomotoric-skill. Maka, Keterampilan Kerajinan berisi kerajinan tangan membuat (creation with innovation) benda pakai dan atau fungsional berdasar asas form follow function. Keterampilan Teknologi terdiri dari Teknologi Rekayasa (Enginering) dan Teknologi Pengolahan. Teknologi Rekayasa berisi keterampilan menguraikan dan menyusuri kembali hasil teknologi seperti otomotif, elektronika, ketukangan, maupun mesin. Keterampilan Teknologi Pengolahan yaitu keterampilan mengubah fungsi, bentuk, sifat, kualitas bahan maupun perilaku obyek. Materi ini berisi teknologi bahan pangan, teknologi pengolahan tanaman. Secara garis besar dapat digambarkan:
Melihat uraian tersebut, secara substansi bidang Keterampilan mengandung kinerja kerajinan dan teknologis. Istilah kerajinan berangkat dari kecakapan melaksanakan, mengolah dan menciptakan dengan dasar kinerja psychomotoric-skill. Maka, Keterampilan Kerajinan berisi kerajinan tangan membuat (creation with innovation) benda pakai dan atau fungsional berdasar asas form follow function. Keterampilan Teknologi terdiri dari Teknologi Rekayasa (Enginering) dan Teknologi Pengolahan. Teknologi Rekayasa berisi keterampilan menguraikan dan menyusuri kembali hasil teknologi seperti otomotif, elektronika, ketukangan, maupun mesin. Keterampilan Teknologi Pengolahan yaitu keterampilan mengubah fungsi, bentuk, sifat, kualitas bahan maupun perilaku obyek. Materi ini berisi teknologi bahan pangan, teknologi pengolahan tanaman. Secara garis besar dapat digambarkan:
0 komentar:
Posting Komentar