1.2.4. Membedakan karakter seni anak-anak
berdasarkan tipologi dan periodisasi perkembangannya
Perkembangan gambar anak pada dasarnya dapat disederhanakan menjadi tiga tahap 1.2.4. Membedakan karakter seni anak-anak
berdasarkan tipologi dan periodisasi perkembangannya
Perkembangan gambar anak pada dasarnya dapat disederhanakan menjadi tiga tahap
pokok:
(1) tahap coreng-moreng (umur 2 – 4 tahun),
Pada
tahap coreng-moreng anak membuat simbol-simbol visual sesuai dengan
rangsangan gerakan otot, yang
kemudian terkontrol dan akhirnya
terstruktur sehingga mengesankan
“sesuatu benda”.
(2) tahap figuratif (umur 3 – 12 tahun),
Pada
tahap figuratif anak menggunakan simbol-simbol visual untuk memahami
benda-benda dan kejadiankejadian dalam kehidupan nyata dan menggunakannya untuk
memberikan informasi kepada orang lain.
(3)
tahap keputusan artistik (umur
12 tahun ke atas).
Pada
tahap keputusan artistik anak membuat simbol-simbol visual sebagai cara untuk
memahami konsep-konsep nyata maupun abstrak dan, yang lebih penting, sebagai
cara untuk mengubah atau mempengaruhi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan
budaya
(Lansing,
1976: 138-139).
pokok:
(1) tahap coreng-moreng (umur 2 – 4 tahun),
Pada
tahap coreng-moreng anak membuat simbol-simbol visual sesuai dengan
rangsangan gerakan otot, yang
kemudian terkontrol dan akhirnya
terstruktur sehingga mengesankan
“sesuatu benda”.
(2) tahap figuratif (umur 3 – 12 tahun),
Pada
tahap figuratif anak menggunakan simbol-simbol visual untuk memahami
benda-benda dan kejadiankejadian dalam kehidupan nyata dan menggunakannya untuk
memberikan informasi kepada orang lain.
(3)
tahap keputusan artistik (umur
12 tahun ke atas).
Pada
tahap keputusan artistik anak membuat simbol-simbol visual sebagai cara untuk
memahami konsep-konsep nyata maupun abstrak dan, yang lebih penting, sebagai
cara untuk mengubah atau mempengaruhi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan
budaya
(Lansing,
1976: 138-139).
0 komentar:
Posting Komentar