Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
1. Menguasai karakteristik
peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual,
sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
Kompetensi Guru Mata Pelajaran
(Kompetnsi Dasar)
1.4 Mengidentifikasi kesulitan
belajar pesertadidik dalam mata pelajaran yang diampu
Indikator Esensial
1.4.1. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mengapresiasi karya seni.
Kesulitan belajar mengapresiasi karya seni.
Peserta didik tidak mampu dalam hak Diskripsi,
analisis, Interprestasi dan penilaian
-
Diskripsi : Informasi
dasar,
-
Analisis : hubungan yg
dilihat pd sebuah karya
-
Interprestasi : Menjelaskan ttg
arti/ makna karya seni.
-
Penilaian : Pengambulan
keputusan ttg nilai sebuah karya seni.
Langkah identifikasi adalah langkah pemula dalam pemecahan problematika yang ada. Oleh
karena itu perlu adanya penetapan yang jitu dan follow upnya adalah
mengklasifikasikan kasus yang ada sehingga memudahkan untuk menentukan kasus
mana yang didahulukan penyelesaiannya dan bentuk apa terapinya. Sebagaimana
telah diterangkan di atas. Bahwa identifikasi perlu diluruskan pada
pengklasifikasian gejala-gejala kesulitan yang dihadapi oleh siswa. Klasifikasi
dimaksudkan untuk terpilihnya permasalahan yang ada sehingga memberikan kemudahan
langkah-langkah berikutnya.
Sebab-sebab kesulitan belajar menurut Koestoer Parto Wisastro dan A. Hadi Saputra, yaitu :
a). Disebabkan oleh gangguan alat tubuh
b). Disebabkan oleh kecerdasan yang kurang
c). Disebabkan oleh gangguan alat penerimaan
d). Disebabkan oleh gangguan perasaan
e). Disebabkan oleh kesalahan tingkah laku (Partowisastro, 1984:26).
Sedangkan menurut Qomar Hamalik faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesulitan belajar siswa, yaitu :
a) Faktor-faktor yang bersumber dari diri sendiri
b) Faktor-faktor yang bersumber dari lingkungan sekolah
c) Faktor-faktor yang bersumber dari lingkungan keluarga
d) Faktor-faktor yang bersumber dari lingkungan masyarakat (Hamalik, 1990:117)
Dari dua pendapat di atas dapat diambil kesimpulan bahwa penyebab dari kesulitan belajar siswa yang satu dengan yang lain adalah berbeda, ini berarti upaya mengetahui sebab kesulitan belajar siswa yang penting dalam rangka usaha memberikan untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi oleh siswa.
Sebab-sebab kesulitan belajar menurut Koestoer Parto Wisastro dan A. Hadi Saputra, yaitu :
a). Disebabkan oleh gangguan alat tubuh
b). Disebabkan oleh kecerdasan yang kurang
c). Disebabkan oleh gangguan alat penerimaan
d). Disebabkan oleh gangguan perasaan
e). Disebabkan oleh kesalahan tingkah laku (Partowisastro, 1984:26).
Sedangkan menurut Qomar Hamalik faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesulitan belajar siswa, yaitu :
a) Faktor-faktor yang bersumber dari diri sendiri
b) Faktor-faktor yang bersumber dari lingkungan sekolah
c) Faktor-faktor yang bersumber dari lingkungan keluarga
d) Faktor-faktor yang bersumber dari lingkungan masyarakat (Hamalik, 1990:117)
Dari dua pendapat di atas dapat diambil kesimpulan bahwa penyebab dari kesulitan belajar siswa yang satu dengan yang lain adalah berbeda, ini berarti upaya mengetahui sebab kesulitan belajar siswa yang penting dalam rangka usaha memberikan untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi oleh siswa.
1.4.2. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam berkreasi
karya seni.
Kemampuan peserta didik belum mampu dalam mencipta atau
menuangkan ide-ide nya ke dalam karya seninya
bermanfaat
BalasHapus