Senin, 06 Agustus 2012

1 MATERI UKG SENI BUDAYA ; Indikator ; Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mengapresiasi karya seni. Kesulitan belajar mengapresiasi dan kreasi karya seni.


Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)

1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik,  moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.

Kompetensi Guru Mata Pelajaran
(Kompetnsi  Dasar)


1.4 Mengidentifikasi kesulitan belajar pesertadidik dalam mata pelajaran yang diampu




Indikator Esensial


1.4.1. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mengapresiasi karya seni.
Kesulitan belajar mengapresiasi karya seni.
Peserta didik tidak mampu dalam hak Diskripsi, analisis, Interprestasi dan penilaian
-          Diskripsi         : Informasi dasar,
-          Analisis           : hubungan yg dilihat pd sebuah karya
-          Interprestasi : Menjelaskan ttg arti/ makna karya seni.
-          Penilaian        : Pengambulan keputusan ttg nilai sebuah karya seni.

Langkah identifikasi adalah langkah pemula dalam pemecahan problematika yang ada. Oleh karena itu perlu adanya penetapan yang jitu dan follow upnya adalah mengklasifikasikan kasus yang ada sehingga memudahkan untuk menentukan kasus mana yang didahulukan penyelesaiannya dan bentuk apa terapinya. Sebagaimana telah diterangkan di atas. Bahwa identifikasi perlu diluruskan pada pengklasifikasian gejala-gejala kesulitan yang dihadapi oleh siswa. Klasifikasi dimaksudkan untuk terpilihnya permasalahan yang ada sehingga memberikan kemudahan langkah-langkah berikutnya.
Sebab-sebab kesulitan belajar menurut Koestoer Parto Wisastro dan A. Hadi Saputra, yaitu :
a). Disebabkan oleh gangguan alat tubuh
b). Disebabkan oleh kecerdasan yang kurang
c). Disebabkan oleh gangguan alat penerimaan
d). Disebabkan oleh gangguan perasaan
e). Disebabkan oleh kesalahan tingkah laku (Partowisastro, 1984:26).

Sedangkan menurut Qomar Hamalik faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesulitan belajar siswa, yaitu :
a) Faktor-faktor yang bersumber dari diri sendiri
b) Faktor-faktor yang bersumber dari lingkungan sekolah
c) Faktor-faktor yang bersumber dari lingkungan keluarga
d) Faktor-faktor yang bersumber dari lingkungan masyarakat (Hamalik, 1990:117)
Dari dua pendapat di atas dapat diambil kesimpulan bahwa penyebab dari kesulitan belajar siswa yang satu dengan yang lain adalah berbeda, ini berarti upaya mengetahui sebab kesulitan belajar siswa yang penting dalam rangka usaha memberikan untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi oleh siswa
.

1.4.2. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam berkreasi karya seni.
Kemampuan peserta didik belum mampu dalam mencipta atau menuangkan ide-ide nya ke dalam karya seninya

1 komentar:

 

Awaluddin AG. Blog Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates