Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
1. Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikirkeilmuan yang mendukungmata pelajaran yang diampu.
Kompetensi Guru Mata Pelajaran
(Kompetnsi Dasar)
1.2. Menganalisis materi, struktur, konsep, danpola pikir ilmu-ilmu yang relevan denganpembelajaran Seni Budaya.
Indikator Esensial :
1.2.3. Menjelaskan karakter Mata
Pelajaran SBK/SB
- Disiplin ( discipline)
- Tekun ( Diligence)
- Tanggung Jawab ( Responsibility)
- Ketelitian ( carefulness )
- Kerjasama ( Corporation )
- Percaya diri ( Confidence )
- Kecintaan ( Lovely )
Nilai-nilai
karakter utama untuk Pembelarajan Apresiasi Seni
Nilai Utama
|
Indikator
|
Kereligiusan
|
·
Memberikan
penilaian yang positif terhadap pengalaman religius sebagai tema/makna karya
seni rupa
·
Menghubungkan
karya seni rupa dengan pengalaman religious
|
Kejujuran
|
·
Memberikan
pendapat tentang karya seni rupa berdasarkan pikiran dan perasaan diri
sendiri
·
Memberikan
pendapat tentang karya seni rupa dengan menunjukkan sumber acuannya
|
Kecerdasan
|
·
Menangkap
makna karya seni rupa secara cermat, tepat, dan cepat
·
Memberikan
tanggapan terhadap karya seni rupa secara cermat, tepat, dan cepat
|
Ketangguhan
|
·
Menanggapi
karya seni rupa dengan berbagai argumentasi
·
Membahas
karya seni rupa dengan mencari berbagai sumber
|
Kepedulian
|
·
Memperhatikan
tindakan orang lain dalam menanggapi karya seni rupa
·
Membantu
orang lain dalam menanggapi karya seni rupa
|
Kedemokratisan
|
·
Memberikan
penilaian positif terhadap pendapat orang lain dalam menanggapi karya seni
rupa secara berkelompok
·
Melakukan
kesepakatan dalam menanggapi karya seni rupa secara berkelompok
|
Menghargai
keberagaman
|
Memberikan
penilaian positif terhadap keberagaman jenis, tema, gaya, dan teknik berkarya
seni rupa
·
Memberikan
penilaian positif terhadap ungkapan keberagaman suku bangsa dan budaya dalam
karya seni rupa
|
Nasionalisme
|
·
Memberikan
penilaian yang tinggi terhadap karya seni rupa Indonesia
·
Memberikan
penilaian positif terhadap ungkapan/tema nasionalisme/patriotism dalam karya
seni rupa
|
Menghargai
karya orang lain
|
·
Memberikan
penilaian positif terhadap karya orang lain
·
Memperlakukan
karya orang lain dengan baik
|
Keingintahuan
|
·
Mempelajari
karya seni rupa dari berbagai sumber
·
Melihat
pameran seni rupa
|
Disiplin
|
·
Mentaati
tata tertib dalam proses pembelajaran seni rupa
·
Menyelesaikan
tugas-tugas tepat pada waktunya.
|
Kesantunan
|
·
Memberikan
tanggapan terhadap karya seni rupa dengan bahasa yang santun
·
Memperlakukan
bahan, alat, dan hasil karya seni rupa dengan tindakan yang santun
|
Tanggung jawab
|
·
Memberikan
apresiasi seni rupa yang bermanfaat bagi kehidupan
·
Memberikan
apresiasi seni rupa yang bermanfaat bagi pengalaman estetik
·
Menyelesaikan
tugas-tugas pembelajaran apresiasi seni rupa dengan baik
|
Kreativitas
|
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri baru pada karya seni rupa.
·
Menggunakan
ungkapan baru dalam menanggapi karya seni rupa
|
Kepekaan estetik
|
·
Mengidentifikasi
bentuk-bentuk keindahan pada karya seni rupa dan lingkungan
·
Memberikan
tanggapan positif terhadap bentuk-bentuk keindahan pada karya seni rupa
dan lingkungan
|
Nilai-nilai
karakter utama untuk Pembelarajan Berkreasi Seni
Nilai Utama
|
Indikator
|
Kereligiusan
|
·
Menghargai
alam semesta ciptaan Tuhan sebagai bahan/sumber penciptaan karya seni rupa
·
Mengungkapkan
makna religius melalui karya seni rupa
|
Kejujuran
|
·
Membuat
karya seni rupa atas gagasan siswa sendiri
·
Menyadari
kelemahan/kekurangan siswa sendiri dalam membuat karya seni rupa
|
Kecerdasan
|
·
Menyusun
konsep karya seni rupa/pameran secara cepat dan cermat
·
Mewujudkan
karya seni rupa/pameran secara cepat dan cermat
|
Ketangguhan
|
·
Menyusun
konsep karya seni rupa/pameran dengan berbagai sumber
·
Mewujudkan
karya seni rupa dengan mengoptimalkan penggunaan bahan dan alat
|
Kepedulian
|
·
Mengungkapkan
perhatian terhadap lingkungan sosial atau alam melalui karya seni rupa
·
Membantu
orang lain dalam membuat karya seni rupa secara kelompok
·
Membantu
orang lain dalam berpameran seni rupa
|
Kedemokratisan
|
·
Menghargai
pendapat orang lain dalam membuat karya seni rupa secara kelompok
·
Melakukan
kesepakatan dalam membuat karya seni rupa secara kelompok
·
Melakukan
kesepakatan dalam melaksanakan pameran secara kelompok
|
Menghargai
keberagaman
|
·
Menghargai
keberagaman seni budaya sebagai sumber penciptaan karya seni rupa
·
Mengungkapkan
jenis (bentuk), tema/gaya/teknik dalam penciptaan karya seni rupa
·
Menghargai
keberagaman jenis (bentuk), tema, gaya, dan teknik karya seni rupa dalam
berpameran seni rupa
|
Nasionalisme
|
·
Menghargai
alam dan budaya Indonesia sebagai sumber penciptaan karya seni rupa
·
Menghargai
seni rupa tradisional Indonesia sebagai sumber penciptaan karya seni rupa
|
Menghargai
karya orang lain
|
·
Menggunakan
karya orang lain sebagai sumber penciptaan karya seni rupa
·
Meperlakukan
karya seni rupa orang lain dengan baik
|
Keingintahuan
|
·
Mempelajari
sumber-sumber penciptaan karya seni rupa
·
Melakukan
eksplorasi/eksperimen dalam berkarya seni rupa
|
Disiplin
|
·
Mengerjakan
karya seni rupa sesuai dengan kriteria yang ditentukan
·
Menggunakan
bahan dan alat sesuai dengan prosedur dalam berkarya seni rupa
|
Kesantunan
|
·
Membentuk
gagasan yang halus dan baik dalam penciptaan karya seni rupa
·
Menggunakan
ungkapan dan simbol-simbol yang baik dalam penciptaan karya seni rupa
|
Tanggung jawab
|
·
Menghasilkan
karya seni rupa yang bermanfaat bagi kehidupan
·
Menghasilkan
karya seni rupa yang berguna bagi pengalaman estetik
·
Menyelesaikan
tugasnya dalam berkarya seni rupa secara kelompok
|
Kreativitas
|
·
Menyusun
konsep karya seni rupa yang baru.
·
Mewujudkan
karya seni rupa dengan komposisi dan teknik yang baru.
|
Kepekaan
estetik
|
·
Menciptakan
karya seni rupa/ lingkungan dengan menyusun unsur-unsur bentuk berdasarkan
kaidah-kaidah komposisi.
·
Menggunakan
bahan dan alat dengan mengoptimalkan nilai-nilai estetiknya yang intrinsic.
|
0 komentar:
Posting Komentar