Senin, 06 Agustus 2012

0 Materi UKG Seni Budaya: Indikator; Menjelaskan Konsep seni Rupa


 Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)

1. Menguasai materi, struktur,konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.


Kompetensi Guru Mata Pelajaran
(Kompetnsi  Dasar)
1.1. Menguasai materi, struktur, konsep, dan polapikir keilmuan (mencakup materi yangbersifat konsepsi, apresiasi, dankreasi/rekreasi) yang mendukungpelaksanaan pembelajaran seni budaya (senirupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.

iNDIKATOR ESENSIAL : 


1.1.1.  Menjelaskan konsep seni rupa
1.Konsep Seni Rupa meliputi: Hakikat Seni Rupa, Aspek-aspek Karya Seni Rupa dan Ragam Seni Rupa.
2.Dalam pengertian luas, seni rupa dapat dipahami sebagai “produk” atau sebagai“kemahiran” atau sebagai “kegiatan mencipta atau kegiatan kreasi”. Dapat dikatakanbahwa pengertian seni rupa bersifat majemuk karena jenis dan cakupannya demikianberagam dan luas.
3.Dalam pengertian terbatas seni rupa atau visual art dapat didefinisikan sebagai suatubentuk ungkapan seni yang mengekspresikan pengalaman hidup, pengalaman estetisatau artistik manusia dengan menggunakan beragam unsur seni untuk menghasilkansusunan atau struktur karya seni rupa yang dapat dilihat, diamati, diraba, didengar atau diapresiasi oleh publik atau penikmat seni.
Yaitu ; mengapresiasi karya seni rupa dan mengekspresikan diri melalui kraya seni ripa dengn mengembangkan kegiatan apresiasi dan kreasi dengan ruang lingkup pengetahuan, ketrampilan, dan nilai dlm menghasilkan karya seni rupa.
Hakekat pendidikan seni rupa disekolah; mengembangkan sensifitas dan kreatifitas anak melalui karya seni rupa.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Awaluddin AG. Blog Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates